Thursday, February 12, 2009

mungkin bagi seorang yang telah lulus dari suatu jenjang pendidikan yang namanya perguruan tinggi alias dah lulus dan dinyatakan menjadi sarjana, keinginan yang paling ingin dilakukan oleh para ex-mahasiswa ini pada umumnya adalah mencari kerja...
mencari lowongan kerja, mengais peluang diantara jutaan pengangguran yang tersebar diseluruh indonesia.
mencoba untuk membalas budi baik orang tua...

yahh itu juga lah yang terbesit dalam pikiranku saat ini.
lulus kuliah...tidak membuatku lega atau ingin bersantai ria. tapi aku merasa ada beban yang lebih. aku ga ingin menambah jumlah pengangguran di indonesia ini.. aku ga ingin menjadi manusia gagalll...

kemarin waktu habis nyerahin berkas skripsi ke perpustakaan pusat di kampus, ga sengaja lewat gedung jop placement center(JPC) yang emang letaknya berdampingan dengan gedung perpustakaann...wahh ada pengumuman besar banget..
yang intinya tuh bertuliskan Kalbe nutritional bekerjasama dengan UB mengadakan recuritment karyawan...
wahh sounds good to try this challenge..aku bersama temenku akhirnya sepakat pengen ngikut..

huaaa..pengalaman pertama nyari kerja setelah 2 minggu dinyatakan lulus...
hmmm tanpa persiapan yang matang..cuma modal coba-coba dehh
senin, 9 februari aku bareng temenku dateng ke JPC UB, lah ternyata kita datengnya telat. salah baca pengumuman, dipikir jam 9 eh ternyata mulai jam 8.heheh dasar o'ong..
walhasil udah dimulai testnya...yahh tapi team recruitment mengijinkan kita untuk ngikut sesi kedua...
ternyata sesi kedua baru dimulai jam11...iyyahhh ternyata usut punya usut mesti bawa CV,Surat lamaran kerja, fotocopy transkrip, fotocopy identitas dan foto terbaru...(ya eyalah dasar newbie....)

untungnya tadi malem dah aku siapin CV yang aku kasih foto nyai ronggeng ku (hwaahahaha sebenere foto ijasah yang pake pakaian tradisional alias kebaya...)
tapi ga bawa transkrip terbaru dan surat lamaran kerja..
wahh bener2 modal badan doang neh...hohoh...
akhirnya ngeprint dulu deh. baru jam 10 eh udah ditelpon lagi ama pihak JPCnya katanya suruh cepet2 dateng ke gedung tempat test dilaksanakan sebut aja PPI.

setelah nunggu beberapa menit akhirnya peserta sesi pertama keluar...hiyyyahhh mereka ternyata rapi2 banget, yang cewek2 udah pada pake sepatu high hells, pada pake blazer, celana kain, kemeja, tas kempit, make up tebal....hiyyyahhh lah akuu...
pake sepatu cats, celana jeans, dandanan awut2an...
hmmmmm...aku ma temenku berasa pengen kaburrr aja..
(pengen bilang ke ketua JPCnya: ga jadi ngikuttt..........maap bukk kami belum siap mental)
pesan moral : kalo mau cari kerja berusahalah tampil serapi dan seformal mungkin...

tapi masih terbengong2 aku ma temenku beserta peserta lain di gelombang kedua akhirnya masuk dan mengikuti test pertama.di dalem aku tuh ama temenku cuma cengar-cengir and cengengas-cengenges...
yahh udah dikasih soal 10 menit...disuruh keluar dan akhirnya hasilnya di umumkan sapa aja yang lolos tahap kedua. iyyyahhh tak kusangka dan tak kuduga ternyata aku dan temenku lolos...
hmmm test kedua adalah psikotest...
busett dahh...baru kali ini aku ngikut psikotest kayak gini..untungnya aku sering maen game "who has biggest brain" di Face book..heheh ada untungnya juga..buat ngasah otak.
banyak banget soalnya....bagi kalian yang udah pernah mengikuti psikotest pasti dah tau jenis2 soal yang dikasih..
yahh ada soal hitungan, deret angka, pola bilangan, menggambar orang dan melanjutkan gambar dari sebuah bentuk, de el el.
test kedua lolossss.....
hmmmm....capekkk badann...test dilanjutkan besok pagi...

test hari kedua..

test keempat...adalah express your talent...huaaa kayak anak TK and play group..suruh nyusun puzzle, puzzle 3 dimensi, mewarnai gambar, bikin yel2 group, bikin puisi, mengisi tebakan, bermain magic square....huaaa cuma dikasih waktu 20 menit...walhasil masih ada yang belum selese...
ga ngerti juga maksut test yang seperti ini apa maksutnya..

test kelima... bussinese challenge..karena emang posisi yang ditawarkan dalam lowongan ini adalah product executive dan bussinese representative, jadi ya ga jauh2 dari dunia marketingg....
diberi modal 50 ribu, kemudian disuruh membuat bisnis bersama tim, dengan waktu 30 menit harus sudah kembali lagi keruangan tempat test dilaksanakan, dengan membawa report dan rincian dari bisnis yang dijalankan...
weeeee....semua peserta keluar ruangan tanpa membawa apa2,cuma modal tadi yang diberi panitia...akhirnya timku mutusin buat jualan minuman dan kue yang kita beli dari kantin THP..yahh untungnya di tim kita ada yang kenal ma pemilik kantin tersebut...trusssssss
kita menjajakan kue dan minuman...bagi tugas dimulaii..
dan kita cari daerah yang ramaiii mahasiswa...yupp akhirnya kita temukan tujuann...di UKM..untungnya masih banyak anak2 disana...
masalah utamaku ada disini....
aku pake sepatu high hellssss....

karena ga pengen mati gaya kayak kemarin akhirnya hari ini aku pake sepatu high hells dan celana kainn...
hiyahhhhh aku yang punya minim pengalaman memakai sepatu high hellsss asli kesakitan dan tersandung2...
hmmmmmmmmm hidup adalah perjuangan...majuu terusssss....

rute PPI--Kantin THP--UKM = jauhh....
hiyyahhhhh dan anak2 di timku pada gesit2 semua jalannya malah ada yang pada lari...hiyyaahhh akhirnya aku ngikut2 jalan cepet juga..ya ampun neh kakiku nyut2an rasanya...
aku ma satu temenku ke UKM nawarin kue...ya ampunn aku buang jauh2 rasa malu dan tengsin...masuk dari satu UKM ke UKM lain sambil memohon2 untuk dibeli kuenya...
sebodo teuing eui...layaknya mbak2 spg yang nawarin barang dagangannya begitulah aku dan temenku....untungnya ada anak2 yang dikenal di UKM sono..walhasil terjual habis dah dagangankuuu.....
ketemu ma temen2 setim yang lain..waaaa waktu habis dan mesti balek ke PPI dengan cepet...walhasil neh anak2 pada lari...aku ngikuttt larii...
oh my god..kakiku ga kuatttt.....
aku copot deh sepatu menggilaa ini...dan aku lari telanjang kaki..diketawain ma anak2 ama mas2 yang melihat...
bodoooooo'...........sakit nyongggg.....
hheheheheh...dan hasilnya timku adalah timku dengan perolehan keuntungan palin besar..tapi masih belum bisa nentuin sapa aja yang lolos alias yang terseleksi ke tahap selanjutnya...weeee tim penyeleksi memberi pengumuman kalo hasilnya akan diumumkan by phone ntar malem...
karena testnya tadi berakhir pukul 5 sore..

aku mampir dulu ketempat kerjaku yang letaknya juga ga jauh dari JPC..ngambil sendal jepit....ga mau lagi dehhh pake2 high hells kayak gini...huikss222
asli dehh dua hari ini capek badann....paginya kerja, siangnya ngikut test kerja...pulang jam 7..mandi..makan teparrr..
sebenere aku berfikir nothing to loose aja terhadap test ini, kalo diterima ya syukur kalo ga ya itung2 pengalaman buat cari kerja..masalahnya aku pengen banget ngikut test interview..pengen tau kayak gimana test interview dengan HR di perusahaan2 besar kayak gitu..
setelah test yang kelima adalah test interview bersama dengan HR..sebenere inilah yang aku pengeni...pengen ngerasain test interview...
hmmm tapi ternyata tim recruitment memberikan sms yang berbunyi bahwa aku ga memenuhi kualifikasi yang mereka cari...

hmmmmm ya seperti yang aku pikirkan --> nothing to loose...
semangat untuk cari lagi....tetep semangatttt eniii....
kalo gagal test kerja kan hal yang biasa..lagian testnya gratis aja lo...tapi nehh kakikuu ampekk sekarang masihh sakitt.......
huaaaaa i hate high hells.......

0 Comments:

Post a Comment